Parenting

Metode Belajar Berhitung Anak SD yang Paling Efektif!

Proses belajar berhitung anak SD merupakan salah satu tahapan yang sulit bagi mereka. Karenanya, sebagai orangtua kamu perlu mendampingi anak agar bisa belajar berhitung dengan baik tanpa merasa kesulitan.

Sebagian besar anak tingkat SD cenderung menganggap bahwa pelajaran berhitung sangatlah sulit dan melelahkan. Tak jarang dari mereka yang menolak untuk belajar berhitung karena merasa pusing dan bosan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menggunakan metode belajar berhitung anak SD yang lebih kreatif dan tidak membosankan. Sehingga, anak tidak akan merasa dirinya sedang belajar. Namun, mereka tetap bisa menyerap pengetahuan yang kamu berikan.

Metode Belajar Berhitung Anak SD

Ada beberapa metode belajar berhitung anak SD yang paling efektif. Kamu bisa mengajak anak untuk belajar berhitung sambil bermain. Hal ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Seperti belajar berhitung menggunakan barang, memanfaatkan aplikasi belajar berhitung, dan masih banyak lagi.

Untuk selengkapnya, berikut ini 5 metode belajar berhitung anak SD yang paling efektif:

1. Belajar Berhitung Konvensional

Pertama, kamu bisa menggunakan metode belajar berhitung anak SD konvensional, yaitu dengan menggunakan jari. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menunjukan jarimu dan mulailah untuk mengajarkan pertambahan dan pengurangan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan sedikit intonasi lagu saat mengajarinya berhitung agar belajar menjadi jauh lebih menyenangkan. Metode belajar berhitung anak SD ini merupakan cara yang paling sederhana dan efektif untuk dilakukan.

2. Belajar Berhitung Menggunakan Barang

Metode belajar berhitung anak SD selanjutnya adalah dengan menggunakan barang. Di sini kamu bisa memanfaatkan beberapa barang tertentu yang ada di rumahmu untuk mengajarinya berhitung.

Metode ini bisa kamu lakukan untuk mengajarkan mereka pertanmaban, pengurangan, hingga perkalian dan pembagian. Metode ini juga bisa kamu lakukan sambil bermain, seperti permainan tebak-tebakan.

3. Belajar Berhitung Menggunakan Uang

Sama halnya seperti belajar berhitung menggunakan barang, uang juga bisa menjadi alat yang paling efektif untuk mengajari anak belajar berhitung. Metode belajar berhitung anak SD menggunakan uang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Kamu bisa melakukannya dengan bermain supermarket atau permainan seputar belanja, di tengah permainan ajari mereka dalam menghitung besaran uang tersebut. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan bagi anak.

4. Manfaatkan Aplikasi Belajar Berhitung

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak media yang bisa kamu gunakan untuk mengajari anak belajar berhitung. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar berhitung.

Berbagai aplikasi belajar berhitung bisa kamu download di smartphone mu melalui Google Play Store, maupun App Store. Biasanya, setiap aplikasi akan menawarkan fitur-fitur yang akan memudahkan anak dalam belajar berhitung.

5. Terapkan dalam Kegiatan Sehari-hari

Metode belajar berhitung anak SD selanjutnya adalah dengan menerapkan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini, orangtua harus rutin mengajari anak berhitung saat mereka melakukan sesuatu.

Seperti halnya, saat ingin makan, cobalah suruh anak menghitung berapa jumlah piring yang ada di meja. Kamu juga bisa meminta mereka untuk menghitung berapa jumlah buku yang mereka miliki, dan sebagainya.

Dengan menerapkan cara ini, anak akan terbiasa dan mahir dalam menghitung. Namun, tentunya ini butuh proses, kamu harus tetap sabar untuk mengajarinya berhitung.

Selagi anak masih duduk di bangku sekolah dasar, luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya untuk mereka. Karena setelah masuk ke bangku SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, mereka akan tumbuh menjadi dewasa dan memiliki kehidupannya sendiri.

Mengingat jenjang pendidikan anak yang masih panjang, apakah kamu sudah mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang? Seperti yang kita ketahui, biaya pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, banyak kondisi rumah tangga tertentu yang kerap membuat anak harus putus sekolah. Seperti perceraian, krisis ekonomi, hingga meninggal. Oleh karenanya, kamu perlu tau cara mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk asuransi pendidikan. Seperti halnya produk Asuransi Beasiswa Ciputra yang ditawarkan oleh Ciputra Life.

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:

  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 30% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pertanggungan dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.

Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.  Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra.