Tech

Tanda-Tanda Aki Mobil Harus Segera Diganti

Pastinya di sini Anda pernah mengalami mobil yang tiba-tiba bermasalah atau mogok ketika di tengah jalan. Tentunya hal itu akan sangat mengganggu sekali. Terlebih jika Anda tengah berada di situasi yang cukup genting. Tapi sebenarnya hal itu bisa saja dicegah. Mogoknya mobil tersebut bisa disebabkan oleh permasalahan yang terjadi pada aki mobil.

Aki atau baterai tersebut sama seperti komponen mobil yang lain, juga memiliki umur pemakaian. Aki yang soak dapat terjadi kapan saja, jadi di sini perlu untuk Anda pahami jika seharusnya Anda rajin untuk melakukan pengecekan kondisi aki mobil milik Anda.

Hal tersebut memang dirasa sangat penting karena aki memiliki fungsi sebagai sumber listrik semua perangkat dari mobil, seperti menyalakan mesin, perangkat audio, AC maupun lampu.

Rekomendasi pabrikan masalah pakai aki setidaknya yaitu 1 hingga 2 tahun, jika sudah melewati jangka waktu itu pemilik harus lebih rajin lagi mengecek kondisi aki atau kalau perlu mengganti aki baru agar performa rutin jadi lebih baik.

Apa Saja Tanda-Tanda Aki Mobil Harus Segera Diganti?

Di sini terdapat beberapa tanda untuk Anda mengenali kapan aki mobil milik Anda harus segera diganti. Untuk lebih jelasnya berikut akan diuraikan.

Kenali dahulu jenis aki, karena bagaimanapun beda aki tentu akan berbeda lagi cara pengecekannya. Ada merek tertentu menggunakan warna, yang lain terdapat simbol. Untuk aki basah cek kondisi aki dapat Anda perhatikan di batas atas ataupun bawah cairan dari elektrolit.

Jika batas cairan tersebut mendekati batas bawah itu artinya perlu untuk ditambah. Untuk tipe aki kering biasanya terdapat indikator warna dari kemampuan aki. Dimana untuk warna biru pertanda masih baik-baik saja, putih butuh tambah setrum dan untuk warna merah sudah wajib ganti.

Anda bisa menggunakan alat tester aki agar bisa melihat voltase normal aki. Di dalam keadaan mesin yang mati, normalnya voltase dari aki tersebut sebesar 12,45 volt dan ketika mesin mengalami mati, maka voltase normal yaitu 13 hingga 14 volt. Jika kelebihan ataupun kekurangan voltase normal itu artinya aki sedang bermasalah.

Aki yang tengah bermasalah juga dapat Anda lihat dari air aki mobil yang keruh hal itu dikarenakan kotoran yang menumpuk sekian lama dan dapat dilihat ketika Anda membuka aki tersebut. Tak hanya warna dari air kaki yang keruh saja namun juga sel yang terdapat di dalam bengkok dan warna putih.

Selain langsung cek pada aki Anda pun juga dapat memperkirakan kondisi dari aki mulai dari soak dengan cara mengamati kondisi kendaraan milik Anda. Seperti contohnya ketika lampu mulai meredup ataupun proses dalam menyalakan mesin berjalan sangat lambat, hal itu bisa jadi tanda aki mobil Anda sudah mulai soak.

Komponen yang paling banyak memakai energi dari aki paling besar yaitu motor starter. Jika menyalakan mesin sudah mengalami sendatan yaitu saat motor starter tidak memperoleh cukup energi dalam melakukan kinerja, maka itu berarti aki mobil sudah soak.

Sebagai informasi tambahan pemasangan aksesoris tambahan yang di sini berkaitan dengan elektrikal kendaraan juga memiliki potensi untuk menggunakan listrik yang jauh lebih banyak sehingga hal itu akan mempercepat usia dari pemakaian aki.

Untuk Anda yang saat ini tengah mengalami ciri-ciri aki mobil soak maka perlu untuk segera mencari toko aki. Sebagai rekomendasi untuk memperoleh aki yang berkualitas maka Anda bisa mengunjungi website Akimobil.com.

Membeli aki di tempat tersebut nantinya Anda akan memperoleh beberapa fasilitas seperti gratis antar pasang, mekanik yang sudah berpengalaman, serta memahami teknologi mobil terkini dan juga aki yang bergaransi resmi. Toko aki tersebut buka Setiap Hari 07.30- 18.05, Pembayaran Cash/Transfer/Credit /Debit Card. Toko Aki sudah sangat terpercaya Sejak 2006.