Info

Tertarik Mobil Bekas? Berikut Ciri-Ciri Mobil Bekas Jarang Ganti Oli

Keuangan merupakan faktor utama dan penting setiap orang untuk membeli sebuah produk termasuk beli mobil. Dengan keuangan yang surplus atau lebih, itu artinya bisa membeli mobil baru dengan cara tunai tanpa perlu mengajukan kredit yang harus diselesaikan beberapa tahun. Bagi orang dengan keuangan rata-rata tentu akan mengajukan kepada leasing untuk membeli mobil baru atau ada juga yang memilih mobil bekas agar tidak ada beban selama bertahun-tahun harus bayar cicilan.

Ketika beli mobil bekas juga harus teliti dalam segala hal meskipun memang harganya lebih murah. Apalagi kebanyakan orang menginginkan mobil dengan harga murah tapi tetap berkualitas. Jangan sampai salah beli mobil karena harganya lumayan tinggi walaupun second. Salah satu yang mesti diperhatikan oleh calon pembeli ketika mengecek adalah apakah mobil tersebut rutin ganti oli setiap beberapa bulan sekali atau tidak. Apalagi oli termasuk dalam produk penting yang mesti sering diganti agar menjaga kinerja mesin. Jadi calon pembeli harus tahu ciri-ciri mobil yang jarang mengganti oli, jika belum tahu baca informasinya berikut ini.

Bagian kepala busi kotor

Hal paling mudah melihat mobil jarang bahkan tidak pernah ganti oli adalah dengan mengecek bagian kepala busi. Jika bagian tersebut kotor dan banyak serbuk hitam maka bisa dipastikan oli tidak diganti dalam waktu lama. Serbuk berwarna hitam muncul karena adanya gesekan serta panas dari oli yang sudah kotor.

Mesin jadi cepat panas

Saat mengecek keadaan mobil, tentunya calon pembeli bisa meminta kepada penjual untuk test drive, tujuannya adalah mengetahui kondisi mesin ketika menyala sekaligus bisa mengecek apakah mesin cepat panas atau tidak. Salah satu fungsi oli yaitu membuat suhu mesin jadi stabil, jadi jika mesin cepat panas karena oli tidak bekerja dengan baik sehingga bisa menyebabkan keadaan seperti overheating yang berdampak pada rusaknya komponen lain.

Bahan bakar jadi boros

Jika oli sudah kotor dan tidak bisa bekerja maksimal maka pelumas akan kering sehingga mesin dipaksa bekerja lebih keras lagi. Hal ini akan berdampak kepada konsumsi bahan bakar yang cepat terkuras sehingga bisa dikatakan boros.

Suara mesin jadi kasar

Pelumas kering juga menyebabkan terjadinya gesekan yang kencang pada setiap komponen yang berpengaruh pada suara mesin. Suara akan terdengar kasar dan tidak halus seperti saat oli bekerja dengan baik. Jika ditemukan keadaan mobil seperti itu, maka sebaiknya dibatalkan saja dan beralih ke balai lelang IBID yang sudah terbukti menjual kendaraan sesuai dengan grade dari A hingga E. Dari grade tersebut, tentunya calon pembeli bisa menilai mana kendaraan yang bagus atau tidak. IBID juga memastikan semua berjalan transparan dan tidak ada kecurangan pada setiap lelang, jadi langsung saja bergabung ke IBID.